Skip to main content

VIRAL Wanita Ini Punya Uang Kuno Gambar Soekarno, Ditawar Rp 5 Miliar Karena Bisa Melengkung Sendiri


Seorang wanita bernama Rina Gustiana memperlihatkan koleksi uang kunonya yang 'misterius' melalui akun TikTok @rinagustiana_.

Uang kuno yang dimiliki Rina merupakan pecahan seribu rupiah bergambar Soekarno.

Hingga artikel ini ditonton, video yang diposting Rina telah ditonton hingga 3,8 juta kali.

Uang yang dimiliki Rina tampaknya bukan uang 'biasa' lantaran memiliki kemampuan aneh.


Berikut cerita yang dibagikan Rina dalam postingannya:

"Halo semuanya, jadi aku punya sesuatu, yang udah aku simpan lama banget. Sampai bingung mau diapain karna ya mikirnya buat apa juga gitu kan."

"Ini adalah uang seribu rupiahnya Soekarno, dan ini belakangnya kaya penari-penari gitu, konon katanya uang yang lurus ini, kita taro di atas telapak tangan itu bakal melengkung sendiri."

"Jadi kita buktiin aja ya, ini aku taruh di atas telapak tangan, ini aku gak megang apa-apa kosong ya. Dan kita taruh dan kita buktiin sama-sama, ini nggak aku apa-apain, sisi kirinya udah mulai ngangkat. Gak tau kenapa tangan aku terasa agak panas gitu," ujarnya.

Saat dihubungi oleh Tribunnews.com, pengunggah bernama Neng Rina Gustiana menceritakan, pada mulanya ia tidak mengetahui, uang bergambar Soekarno dengan nominal Rp 1.000 bertahun 1964 itu dapat melengkung.

"Hingga akhirnya saya searching di Google, lalu saya merasa aneh dan akhirnya saya iseng bikin konten di Tiktok," jelasnya Rabu (24/2/2021).

Lebih lanjut, ia menjelaskan asal-usul ia memiliki uang Soekarno itu.

Berdasarkan penuturan wanita yang tinggal di Kabupaten Bandung ini, uang itu ia dapat dari sang suami yang disimpan sejak 2017.

"Sebenarnya itu punya suami saya. Beliau diberi oleh almarhum ayahnya."

"Lalu uang tersebut diberikan dan disimpan oleh saya bertahun-tahun," tuturnya.

Rina mengungkapkan, almarhum ayah mertuanya merupakan orang yang gemar mengoleksi barang unik.

Rina tidak hanya memiliki uang lama Soekarno dengan nominal Rp 1.000 saja.

Ia juga memiliki uang kuno dengan nominal yang lain.

"(Nominal) Rp 100 berwarna merah, lalu satu lagi lupa. Tapi nominalnya (sama) 1000," bebernya.

Namun, saat ini ia hanya memiliki dua uang kuno.

Kendati demikian, ia tidak ingin disebut sebagai kolektor uang kuno.

Ditawar hingga 5 Miliar

Setelah mengunggah video tersebut, wanita berusia 25 tahun ini mengaku, mendapatkan berbagai tawaran dari banyak orang yang tertarik membeli uang kuno bergambar Soekarno itu.

Jumlah nominal yang ditawar pun bervariasi.

"Mulai dari Rp 100 juta sampai Rp 5 miliar," tandasnya.

Namun, Rina tidak mengetahui apakah orang-orang tersebut benar-benar berniat membeli uang kuno yang dimiliki itu.

Selanjutnya, wanita yang berprofesi sebagai bidan ini mengaku senang saat mengetahui video yang diunggah viral di media sosial.

"Saya senang, selama ini saya bikin konten di Tiktok dengan niat tapi engga pernah fyp."

"Tapi pas saya bikin video iseng tentang uang itu, tiba-tiba fyp. Sampai notifikasi saya jebol," ungkapnya.

Ia pun mengaku, pasca-mengunggah video itu, jumlah pengikut di akun TikTok yang dimiliki mengalami peningkatan.

"Awalnya pengikut saya di Tiktok hanya 12 orang."

"Sekarang hanya dalam waktu dua hari langsung naik jadi 15.000," jelas Rina.

Lebih lanjut, pemilik akun Instagram @rinagustina_ ini mengatakan, tidak tahu-menahu terkait keaslian dari uang itu.

"Saya nggak tau tentang keaslian uang tersebut, apakah benar asli atau bukan,"

"Sampai-sampai orang berbondong-bondong menanyakan uang tersebut," kata dia.

cerita awal mula uang kuno 1000 rupiah pak Soekarno ini adalah...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar