Skip to main content

Kisah Seorang Gadis Kerja Keras Demi ke Korea Selatan, Menabung Rp 20 Ribu per Hari Selama 2 Tahun


Setiap orang bisa mencapai hal yang diimpikan jika sungguh-sungguh dalam melakukannya.

Hal ini lah yang diterapkan oleh Sana Asyuni, gadis asal Padang yang berhasil ke Korea Selatan dengan menabung selama 2 tahun.

 Baca juga:  Mensos Dicokok KPK, Alasan Gus Dur Bubarkan Departemen Sosial Kembali Viral: Tikusnya Kuasai Lumbung

Kisahnya terungkap dari sebuah video perjuangan keras seorang gadis yang bekerja supaya bisa pergi ke Korea Selatan viral di media sosial.

Video ini pertama kali dibagikan oleh akun TikTok bernama @sanaaaayaaa.

Tampak dalam konten tersebut, pemilik akun memperlihatkan perjuangannya dalam bekerja.

Video kemudian dilanjutkan dengan berbagai foto dirinya yang sedang berada di negara Korea Selatan.

"Gajadi Insecure, gue udah ke Korea pake duit sendiri hasil kerja keras," tulisnya.

##gajadiinsecure


Hingga Minggu (6/12/2020), video milik @sanaaaayaaa sudah ditonton lebih dari 600 ribu kali dan menuai tanggapan beragam dari warganet lainnya.

Ada dari mereka yang salut dengan perjuangan @sanaaaayaaa untuk bisa ke Korea menggunakan uang sendiri.

"Menginspirasi sekali, keren," tulis @ara poreper.

"Aku gak kenal kamu, tapi rasanya bangga banget sama kamu," timpal Velia.

Sedangkan warganet lainnya juga tidak mau kalah dan ingin pergi ke Negeri Ginseng tersebut.

"Keren hasil dari keringat sendiri, soon pasti aku amin," komentar akun bernama @sehun.

 Baca juga:  5 BERITA VIRAL TERPOPULER Maret 2020: Transformasi Gadis 12 Tahun Jadi Cantik Bungkam Pembullynya

Cerita Lengkap

Kepada Tribunnews, gadis yang bernama lengkap Sana Asyuni membagikan ceritanya.

Sana mengaku sudah mulai tertarik dengan negara Korea Selatan sejak duduk di bangku kelas 2 SMA.

Tepatnya pada 2015 saat dirinya iseng-iseng menonton drama korea (drakor) hingga akhirnya ketagihan.

Meskipun demikian, Sana belum memiliki niatan untuk pergi ke negara tersebut.

"Tapi aku memang sudah menabung dari awal, terus kakak aku iseng-iseng tanya ke Korea yuk."

"Langsung kita rencanakan enam bulan sebelumnya," kata Sana, Minggu.

yang sebenarnya terjadi:) #fyp


Sana dan kakaknya kemudian melakukan berbagai persiapan untuk bisa pergi bersama.

Ia juga rela bekerja di tengah kesibukan kuliah.

"Saya kerja sebagai karyawan di rumah makan. Karena memang jadwal kuliah nggak banyak, jadi kuliahnya kebanyakan sore sama pagi aku ke warungnya mulai dari 11 hingga 3 sore," imbuh Sana.

Mulai dari sini, rupiah demi rupiah didapatkan oleh Sana dengan keringatnya sendiri.

Gadis kelahiran 22 Maret 1999 ini mulai menabung Rp 20.000,00 per hari selama dua tahun.

Sedangkan dia membutuhkan uang sekitar Rp 10 juta untuk membeli tiket dan biaya akomodasi lainnya.

"Dulu saya simpan uangnya sebelum pergi kuliah langsung dimasukkan ke celengan, saya sukanya nabung di celengan bukan di ATM. Kalau di ATM gampang khilafnya," urai Sana.

Akhirnya setelah berjuang selama 2 tahun lamanya, Sana dan sang kakak bisa terbang ke Korea Selatan pada 25 Maret 2019 lalu.

Mereka mendatangi beberapa tempat, seperti Namiseom atau Pulau Nami, Seoul, hingga Kota Busan.

Sana kemudian menggambarkan keindahan dari tempat-tempat yang ia kunjungi.

Hehe


"Kalau ke Pulau Nami, kata orang-orang nggak lengkap ke Korea jika tidak ke situ, karena di sana ada patung dari drama yang terkenal banget yaitu Winter Sonata."

"Kalau ke Seoul memang wajib ya, di Busan karena waktu saya ke sana lagi musim bunga sakura," ucap gadis yang berdomisili di Kota Padang itu.

Sana juga mengaku kedua orang tuanya sempat tidak setuju dirinya ke Korea Selatan.

Mengingat perjalanan panjang yang perlu ditempuh menggunakan naik pesawat selama sekitar 8 jam.

Terlebih waktu itu, Sana dan kakaknya pergi tanpa dampingan guide.

Sana berharap setelah bisa ke Korea Selatan, dirinya ingin bisa keliling di Indonesia.

"Misalnya ke Jogja, Bromo sama ke Bali," tandasnya.

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar