Skip to main content

Resep Pempek Kapal Selam Udang Lengkap Dengan Tips Rahasia Bikin Pempek Kapal Selam Supaya Enak dan Anti Gagal

Ini tadi sempatin foto , ribet emang bikin tutorial 😁 kanan pegang hp , kiri adonan pempek. Mencong2 deh ...hp tepung semua. Mudah2an bisa dimengerti ya. 

Intinya banyak2 latihan, sering2 coba bikin spy kapal selamnya ga bocor dan bentuknya makin bener 😄 Sy jg ngga langsung bisa kog ini, awal2 bikin telurnya rembes mulu selesai rebus dibelah pempeknya, telurnya hilang 😅 

Di foto atas kalo diperhatikan sy pakai 2 macam telur. Yg waktu kapal selam udh setengah ditutup itu sy isi dg telur kocok, kelupaan foto pas isi telur kuning utuh... 

Ini kasih tips bukan krn pinter tp krn sering bikin jd bisa bagi pengalaman ke teman2 yg mau belajar

TIPS BIKIN PEMPEK KAPAL SELAM

1. Adonan pempek utk kapal selam jgn terlalu lembek nanti susah bentuk terutama buat pemula. Sy udh posting bermacam2 resep pempek silahkan pilih , baca caption nya biasa sy tulis gimana adonan nya lembek atau lebih gampang bentuk. Pilih yg lebih gampang bentuk

2. Tangan jgn lupa dibalur dg sagu. Tidak perlu tebal cukup asal adonan tidak lengket saja

3. Ambil adonan kira2 sebesar di foto atas bentuk seperti silinder kemudian jepit adonan diantara jempol dan telunjuk tangan kiri , posisi silinder berdiri kemudian lubangi bagian tengahnya dg telunjuk jari kanan. Adonan lentur lubang dibesarkan sampai bagian dalam kira2 cukup utk telur. Tutup bagian atas kapal selam mulai dr sisi pinggir sampai tertutup seluruhnya. Waktu menutup hrs cukup ditekan. Kalo tekan asal2an pempek akan terbuka waktu direbus

4. Awal belajar sebaiknya pakai 1 kuning telur utuh mengurangi resiko bocor. Kalo pakai telur kocok biasa nya suka bocor merembes2 apalagi kalo adonan kapal selam nya lembek. Adonan pempeknya bikin agak besar , jgn terlalu tipis lebih baik dr pd bocor. Nanti kalo udh pinter bisa bikin lebih kecil, lebih tipis adonannya tanpa bocor

5. Pakai cangkir kecil seperti di foto utk memasukkan telur. Memasukkan telur lebih mudah dg cangkir ini. Kalo pakai telur kocok jg sy tetap pakai cangkir plastik kecil itu jd tinggal tuang aja

6. Tips terakhir sering2 latihan jangan putus asa. Apa aja bisa kita bikin asal ga malas ✌ Semangaatt

by xanderskitchen

Selamat mencoba

Sekali2 nya masak kog gagal semua. Sop jd buteg , tumis sayur kelembekan. Pengen banting wajan 😅 Mana wifi udah 2 minggu lebih ga bisa dipake padahal tiap2 bulan bayarannya 900rb ... kalo keadaan normal buka laptop aja ga kuat 😂 Rasa2nya lengkap penderitaan 😁 Nie kapal selam udang ...enak maniis... udang di pesenin bu S dari makassar . Ga tau jg kenapa laut segini gede kog ga ada udang nya. Katanya sih ada udang tp keciil2 sekali kyk teri itupun sy ga pernah lihat di pasar


KAPAL SELAM UDANG
By : xanderskitchen

Bahan Bahan :

500 gr udang yg sudah dihaluskan

100 ml air es

350 gr sagu tani / tapioka

5 siung bawang putih dihaluskan

Garam dan gula secukupnya

Sagu secukupnya buat balur tangan

Telur utk isi kapal selam

Cara Membuatnya

1. Masukkan udang yg sudah dihaluskan ke dalam baskom + bawang putih

2. Masukkan garam, gula secukupnya, air es aduk rata sampai halus tidak bergerindil

3. Tambahkan sagu sedikit2 aduk rata pakai sendok plastik /kayu

4. Balur tangan dg sagu, ambil sebagian adonan, isi dg telur bentuk kapal selam

5. Cemplungkan pempek ke dalam air mendidih. Rebus sampai matang

6. Angkat. Tiriskan. Sajikan dg cuka merah

Selamat mencoba
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar