Skip to main content

Resep Kue Biji Ketapang. Gampang Bikinnya, Enak Gurih Kriuk-Kriuk Bikin Gak BErhenti Makan...

Ada yg pernah makan biji ketapang, mak? Biji Ketapang asli? Mak Frida pernah, nyemilin biji ketapang di parkiran motor sekolah .. Wkwkwkw .. Rasanya mirip Almond loh, mak. Ciyuuusss. Googling aja deh yaa .. Naaaah kalo ini versi kw-nya. Kue Biji Ketapang, jajanan khas Betawi, mak. Gampang bikinnya. Yg bikin gurih itu kelapa sangrainya, tapi kalo mo bikin yg tanpa kelapa sangrai juga bisa kok. Tapi enakan pake kelapa sangrai .. Hahaha maksa! Tenang aja, ini cemilan ga keras kok, renyah tapi ga bikin gigi rontok .. ..

Oiyaaaa.. Perkenalkan .. Easy Set Cooking Pan dari @tokovicenza .. Syakkkeeeppp bgt. Ntar foto penampakan utuhnya yaa, mak 💜💛💜💛 .. ..

Kue Biji Ketapang
by @fridajoincoffee

Bahan Bahan:

  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 60 gr gula pasir
  • 1 butir telur
  • 50 gr margarin, ga usah dilelehkan
  • 100 gr kelapa kupas parut
  • 40 ml santan kental
  • ¼ sdt vanili bubuk
  • ¼ sdt baking powder
  • ¼ sdt garam


Cara Membuat Kue Biji Ketapang

1. Sangrai kelapa parut hingga kering dan harum. Jangan sampai gosong. Lalu blender hingga halus. Sisihkan.

2. Dalam baskom, campurkan gula pasir, telur, dan garam. Kocok dengan ballon whisk hingga rata.

3. Masukkan margarin dan santan, kocok rata.

4. Tuangkan tepung terigu, baking powder, vanili bubuk dan kelapa sangrai yg sudah halus. Aduk dan uleni hingga bisa dipulung.

5. Bagi masing2 80 gram, lalu pulung panjang, menyerupai sosis.

6. Gunting serong. Lakukan hingga habis. Taburi sedikit tepung supaya tidak saling menempel.

7. Goreng dengan minyak panas, api kecil. Aduk2 supaya tidak gosong. Angkat tiriskan ketika sudah berwarna kecoklatan.

8. Masukkan stoples jika sudah dingin.

Selamat mencoba
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar